pemograman menggunakan scracht
Kode Scratch:
Kode Scratch yang diberikan terdiri dari beberapa blok yang bekerja bersama untuk menghitung volume tabung. Berikut uraiannya:
1. Blok "ketika sprite ini diklik": Blok ini bertindak sebagai pemicu. Ketika sprite diklik, program akan dimulai.
2. Blok "tanya masukkan jari-jari tabung dan tunggu": Blok ini meminta pengguna untuk memasukkan nilai jari-jari tabung. Nilai yang dimasukkan disimpan dalam variabel "jawaban".
3. Blok "atur jari-jari ke jawaban": Nilai jari-jari yang dimasukkan pengguna disimpan ke dalam variabel "jari-jari".
4. Blok "tanya masukkan tinggi tabung dan tunggu": Blok ini meminta pengguna untuk memasukkan nilai tinggi tabung. Nilai yang dimasukkan disimpan dalam variabel "jawaban".
5. Blok "atur tinggi ke jawaban": Nilai tinggi yang dimasukkan pengguna disimpan ke dalam variabel "tinggi".
6. Blok "artikan luas lingkaran jari-jari": Blok ini menghitung luas lingkaran alas tabung dengan rumus πr², dimana r adalah jari-jari. Nilai π (pi) sudah ditetapkan sebagai 3.14.
7. Blok "atur volume tabung ke luas lingkaran * tinggi": Blok ini menghitung volume tabung dengan rumus V = Luas Alas * Tinggi. Hasil perhitungan disimpan dalam variabel "volume".
Algoritma:
Program ini menggunakan algoritma sederhana untuk menghitung volume tabung:
1. Meminta input jari-jari tabung dari pengguna.
2. Meminta input tinggi tabung dari pengguna.
3. Menghitung luas lingkaran alas tabung (πr²).
4. Menghitung volume tabung (Luas Alas * Tinggi).
5. Menampilkan hasil perhitungan volume tabung.
Kesimpulan:
Kode Scratch ini berhasil membuat program sederhana untuk menghitung volume tabung berdasarkan input jari-jari dan tinggi yang diberikan pengguna. Program ini mudah dipahami dan diimplementasikan, cocok untuk pembelajaran dasar pemrograman
Komentar
Posting Komentar