pemograman menggunakan scracht


Kode Scratch:
 
Kode Scratch yang diberikan terdiri dari beberapa blok yang bekerja bersama untuk menghitung volume tabung. Berikut uraiannya:
 
1. Blok "ketika sprite ini diklik": Blok ini bertindak sebagai pemicu. Ketika sprite diklik, program akan dimulai.
2. Blok "tanya masukkan jari-jari tabung dan tunggu": Blok ini meminta pengguna untuk memasukkan nilai jari-jari tabung. Nilai yang dimasukkan disimpan dalam variabel "jawaban".
3. Blok "atur jari-jari ke jawaban": Nilai jari-jari yang dimasukkan pengguna disimpan ke dalam variabel "jari-jari".
4. Blok "tanya masukkan tinggi tabung dan tunggu": Blok ini meminta pengguna untuk memasukkan nilai tinggi tabung. Nilai yang dimasukkan disimpan dalam variabel "jawaban".
5. Blok "atur tinggi ke jawaban": Nilai tinggi yang dimasukkan pengguna disimpan ke dalam variabel "tinggi".
6. Blok "artikan luas lingkaran jari-jari": Blok ini menghitung luas lingkaran alas tabung dengan rumus πr², dimana r adalah jari-jari. Nilai π (pi) sudah ditetapkan sebagai 3.14.
7. Blok "atur volume tabung ke luas lingkaran * tinggi": Blok ini menghitung volume tabung dengan rumus V = Luas Alas * Tinggi. Hasil perhitungan disimpan dalam variabel "volume".
 
Algoritma:
 
Program ini menggunakan algoritma sederhana untuk menghitung volume tabung:
 
1. Meminta input jari-jari tabung dari pengguna.
2. Meminta input tinggi tabung dari pengguna.
3. Menghitung luas lingkaran alas tabung (πr²).
4. Menghitung volume tabung (Luas Alas * Tinggi).
5. Menampilkan hasil perhitungan volume tabung.
 
Kesimpulan:
 
Kode Scratch ini berhasil membuat program sederhana untuk menghitung volume tabung berdasarkan input jari-jari dan tinggi yang diberikan pengguna. Program ini mudah dipahami dan diimplementasikan, cocok untuk pembelajaran dasar pemrograman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LENGKAP TAPI PERANNYA HILANG

𝚙𝚛𝚘𝚐𝚛𝚊𝚖 𝚖𝚎𝚗𝚐𝚐𝚞𝚗𝚊𝚔𝚊𝚗 𝚜𝚌𝚛𝚊𝚌𝚝𝚑 𝚍𝚊𝚗 𝚋𝚕𝚘𝚌𝚔𝚕𝚢

ᴍᴇɴɢɪᴍᴘʟᴇᴍᴇɴᴛᴀsɪᴋᴀɴ ʜᴀʀᴍᴏɴɪ ᴅᴀɴ sᴏʟɪᴅᴀʀɪᴛᴀs ɢʟᴏʙᴀʟ